Sabtu, 15 Oktober 2011 - 0 komentar

Jum'at

1.)Abu hurairah berkata;"nabi bersabda'apabila hari jum'at, maka para malaikat berdiri di pintu masjid sambil mencatat orang yang datang dahulu, lalu yang dahulu, perumpamaan orang yang datang pada waktu yang lebih awal adalah seperti seorang yang b erkurban seekor unta, berkurban sapi, berkurban seekor kibas, b erkurban seekor ayam , lalu berkurban sesekor telur. kemudian apabila imam sudah keluar maka para malaikat itu melipat buku catatannya dan mendengarkan khutbah (HR Bukhari)

2.)Jabir bin abdullah berkata ' seorang laki - laki datang dan nabi sedang berkhutbah kepada para manusia pada hari jum'at. lalu beliau bertanya, 'apakah kamu sudah shalat, hai fulan ? ia menjawab belum, beliau bersabda"berdirilah dan shalatlah dua rakaat " (HR Bukhari)

3.)Abu hurairah mengatakan bahwa rasulullah menyebut-nyebut hari jum'at lalu beliau bersabda' pada hari itu terdapat suatu saat yang apabila tepat pada waktu itu seseorang berdiri shalat memohon sesuatu kepada Alloh ta'ala niscaya Alloh akan memberinya"beliau mengisyaratkan dengan tangan beliau menunjukan sedikitnya kesempatan itu (HR Bukhari)

4.) Sahl bin sa'ad berkata' Kami senang kalau hari jum'at aku bertanya kepada sahl, mengapa ? dia menjawab, di kalangan kamii ada seorang wanita tua yang menanam silq (sejenis ubi) di tepi parit kebunnya, bila hari jum'at dicabutnya batang silq dan direbusnya  dalam periuk. dicampurnya dengan segenggam tepung gandum, lalu digilingnya , maka batang silq menjadi seperti daging tetapi tidak ada lemaknya, apabila kami kembali dari shalat jum'at ,kami datang mengucapkan salam kepadanya,lalu dihidangkan makanan tadi kepada kami dan kami mengabmilnya dengan sendok, kami ingin supaya hari jum;at cepat datang, karena hidangan wanita itu (HR Bukhari)


5.Dari Mu'az bin Anas al-Juhani r.a. bahawasanya Rasulullah melarang dari duduk ihtiba' pada hari Jum'at, sedang Imam waktu itu berkhutbah." Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan Termidzi mengatakan bahawa ini adalah Hadis hasan.

0 komentar:

Posting Komentar