Sabtu, 15 Oktober 2011 - 0 komentar

Haid

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci . Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri?. (QS. Al-Baqoroh : 222)
1.) Dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang menggauli istri yang sedang haidh,?Lakukanlah segala sesuatu terhadapnya kecuali NIKAH?. (HR. Abu Daud).
2.) Dari Aisyah RA. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ?Tidak ku halalkan masjid bagi orang yang junub dan haidh?. (HR. Bukhori, Abu Daud dan Ibnu Khuzaemah.
3.) Dari muazah ia berkata  saya telah bertanya kepada aisyah bagaimanakah caranya orang haid menggada puasanya sedangkan shalatnya tidak ? jawab  Aisyah r.a berkata : 'Dizaman Rasulullah SAW dahulu kami mendapat haid, lalu kami diperintahkan untuk mengqada' puasa dan tidak diperintah untuk mengqada' salat (HR. Jama'ah).
4.) Dari Abu Said Al-Khudry Ra ia berkata: Nabi SAW bersabda: ?Bukankah jika perempuan itu haidh ia tidak sholat dan tidak shaum ? itulah kekurangan dalam agamanya? (HR. Bukhori No.1951)
5.)Dari Aisyah. Sesungguhnya fatimah binti abi hubaisy terlah berdarah penyakit. Rasululloh saw berkata kepadanya'sesungguhnya darah haid itu berwarna hitam, dikenal oleh kaum perempuan,Maka apabila ada darah  semacam itu hendaklah engkau tinggalkan shalat; apabila keadaan darah tidak seperti itu hendaklah engkau berwudhu dan salat (Riwayat abu dawud dan nasai)
6.) Dari hammah binti jahsy ia berkata ' saya pernah haid yang sangat banyak(lama), maka saya datang kepada nabi saw untuk menanyakannya . beliau berkata'sesunggunhnya itu tipu daya (godaan ) setan . Oleh karenanya jadikanlah haidmu enam atau tujuh hari hendaklah engkau shalat 24 atau 23 hari , lalu puasa dan shalatlah sesungguhnya yang demikian sah untukmu, dan juga hendaklah engkau lakukan tiap-tiap bulan sebagaimana haid perempuan yang lain (Riwayat bukhari dan muslim)
7.) Apabila datang haid , hendaklah engkau tinggalkan sholat (riwayat Bukhari)
8.) Nabi saw berkata kepada beberapa perempuan 'Bukankah perempuan haid itu tidak shalat dan tidak berpuasa '? jawab perempuan - perempuan yang hadir "ya benar" kata rasululloh ' itulah kekurangan agama perempuan (Riwayat Bukhari)

0 komentar:

Posting Komentar