Rabu, 07 Desember 2011 - 0 komentar

Qerban

1. Dari Ummu Salamah radhiallahu 'anha, katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa yang memiliki binatang kurban yang hendak disembelihnya, maka apabila telah nampak sabitnya bulan Dzulhijjah, janganlah sekali-kali ia mengambil - yakni memotong atau mencukur - dari rambutnya dan jangan pula dari kuku-kukunya sedikitpun, sehingga ia selesai menyembelih kurbannya itu." (Riwayat Muslim)

2. Dari abu hurairah "Rasulullah saw bersabda "barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami (riwayat ahmad dan ibnu majjah)

3.Dari barra bin azib" Rasulullah saw bersabda " empat binatang yang tidak sah dijadikan Qurban :
1. rusak matanya
2. Sakit
3.Pincang
4.Kurus yang tidak berlemak lagi
(HR Ahmad dan dinilai sahih oleh tarmizi)

4.Dari ibnu abbas pernah kami bersama-sama rasulullah saw dalam suatu pejalanan, ketika itu datang hari Qurban, maka kami bersama-sama menyembelih seekor sapi untuk tujuh orang dan seekor unta untuk sepuluh orang (riwayat tirmizi dan nassai)

5.Dari sa'id "Rasulullah saw telah bersabda "janganlah kamu jual daging dengan denda haji dan daging qurban, tetapi makan dan sedekahkanlah dagingnya itu serta ambillah manfaat kulitnya dan jangan dijual (Riwayat Ahmad)

0 komentar:

Posting Komentar