Rabu, 07 Desember 2011 - 0 komentar

Persyaratan

1.)"Barangsiapa yang mensyaratkan suatu syarat yang tidak terdapat dalam kitab Allah, maka ia tidak berhak melakukannya (Dan tidak perlu dipenuhi), meskipun ia mensyaratakan seratus persyaratan. Persyaratan Allah-lah yang lebih berhak dan lebih kuat" (HR Bukhori/Fathul Bari 6/115)

2.) Ali bin Abi Tholib pernah berkata: "Syarat Allah sebelum syaratnya (wanita tersebut)". Ibun Abdil Barr mengomentari bahwa Allah telah membolehkan melarang apa yang engkau kehendaki dengan sejumlah syarat, sedangkan apa yang Allah perbolehkan adalah lebih utama" (At-Tamhid 18/168-169)

3.) Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda :"Orang-orang muslim itu berdasarkan syarat-syarat mereka (yang disepakati) kecuali syarat yang menghalakan yang haram atau syarat yang mengharamkan yang halal" (HR. Muslim 2/1036)
Pendapat kedua ini dipegang oleh sejumlah sahabat dan ulama antara lain Umar bin Al-Khottob, Amr bin Al-Ash, Syuraikh Al-Qodhi, Ishaq, Imam Ahmad, Ibnu Taimiyyah dan lain-lain (Jami' Ahkamun-Nisaa III/361-370)

4.)Abu hurairah berkata , rasulullah saw bersabda "sesungguhnya Allah itu baik dan hanya menerima yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang- orang mukmin segala apa yang diperintahkan kepada para rasul.
Allah berfirman , "wahai para rasul makanlah kalian dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih (Al mukminun 51) Alloh juga berfirman " wahai orang-orang yang beriman makanlah kalian dari makanan yang baik-baik yang kami rezekikan kepada kalian (Al baqarah  172)
Lalu rasulullah bercerita tentang seorang laki-laki yang menempuh perjalanan jauh, hingga rambutnya kusut dan kotor , ia lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdoa "ya Rabb,ya Rabb", sedangkan makanannya haram,minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia kenyang dengan barangharam, maka bagaimana mungkin doanya dikabulkan ? (HR Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar